Sunday, May 10, 2009

Baron - Volume 01 (Full Album 2002)


Album perdana gitaris ‘sekolahan’ ini diberi titel Volume 01. Nama Aria Baron Suprayogi sempat berkibar ketika gabung dengan Gigi. Kocokan gitarnya yang full distorsi, waktu itu memberi warna baru pada usik Gigi. Sayangnya, kemudian tanpa alasan jelas, Baron mengundurkan diri. Dan mulailah dia ‘moksa’ atau menghilang beberapa tahun. Kabarnya, Baron memperdalam ilmu gitarnya di Amerika Serikat.

Kalau akhirnya Baron merilis album, ini juga bukan perkara mudah. Seperti diakuinya dalam acara kemarin, “Harus berdarah-darah,” ucap Baron sambil tersenyum. Berdarah-darah disini tentu berkaitan dengan banyak pengorbanan yang harus dilakukannya. “Korban waktu paling banyak,” kilah ayah dua anak ini kalem.

Album perdana ini memang bisa dibilang, “kupu-kupu keluar dari kepompong” betul-betul menonjolkan karakteristik Baron. Dan meski tak bernyanyi sendiri, tapi jelas-jelas penyanyi dan pemain musik lain yang membantunya, tahu betul ‘gaya’ apa yang diinginkan Baron.


Baron menggandeng Arri Safriadi sebagai lead vokal. Arri adalah vokalis yang berlatar belakang rock. Dia pernah gabung dengan grup Cynomadeus dan Cockpit Band. Penyanyi yang suaranya mirip Once, vokalis Dewa ini, terlibat intens dalam proyek ini. Alhasil, lagu ciptaan Baron bisa dinyanyikannya dengan penghayatan yang baik.

Ketika show case terlihat, Arri yang punya range vokal tinggi, tidak kesulitan menukik pada nada rendah. Malah boleh dibilang, suara Arri terdengar makin tebal saja.

Baron juga melakukan hal unik lainnya. Di tiap lagu, Baron mencomot beberapa musisi yang berbeda-beda. Ada Yuke The Groove, Anto Hoed, Tyo Nugros, Andi Bayou, Bambang Kahitna, juga Saunine Quartet yang mengisi string section. Kata Baron sih, untuk memberikan warna yang berbeda di tiap lagunya. Atau intinya, Baron tidak ingin kehilanga dirinya. Meski pengiringnya berbeda-beda, tapi roh musiknya adalah Baron. Hasilnya? Akhirnya, Baron!

Download Track List Album Baron - Volume 01:
01 Baron - Aiih.mp3
02
Baron - Elegi.mp3
03
Baron - Sesungguhnya.mp3
04
Baron - Betapa nikmat.mp3
05
Baron - Ingin temanmu.mp3
06
Baron - Tak terucap.mp3
07
Baron - Asmara dini.mp3
08
Baron - Keabadian.mp3
09
Baron - Mata hati.mp3
10
Baron - Cinta adalah anugerah.mp3
11
Baron - Perahu menuju ke surga.mp3

Related Posts :