Monday, May 11, 2009

Maliq & d'Essentials - Mata Hati Telinga (Album 2009)


Maliq & D'Essentials boleh dibilang selalu menampilkan sesuatu yang berbeda di setiap album. Masih kental dalam ingatan bagaimana mereka menyuguhkan nuansa musik chill out dalam album perdana "1st" dan aura dance di album kedua "Free Your Mind". Kini, lewat album ketiga yang diberi tajuk "Mata, Hati, Telinga", Maliq & D'Essentials nampaknya bergeser ke ranah pop.

Yang paling menampilkan sisi nge-pop band beranggotakan Angga & Indah (vokal), Ifa (keyboard), Amar (trumpet), Jawa (bass) , Lale (gitar) dan Widi (drum) ini tentu saja single pertama yang berjudul "Pilihanku". Sepertinya kehadiran Lale sebagai gitaris yang belum lama bergabung, benar-benar memberikan 'warna' baru bagi musik Maliq & D'Essentials.


Tembang "Pilihanku" dirasa penulis sangat catchy, tak hanya untuk segmen 'pasar' Maliq & D'Essentials. Lagu ini hampir pasti dapat melebarkan gaung mereka hingga pelosok negeri, sebagai efek nuansa pop yang mereka hadirkan meski tetap tak menghilangkan ciri khas Maliq.

Ada pula lagu yang menyita perhatian penulis. Yakni "Mata Hati Telinga" yang berjudul sama dengan album teranyar ini. Hadir dengan konsep akustik, Maliq menyuguhkan nuansa melodic pop ala tahun 70-an. Sungguh lagu yang easy listening dan nikmat 'dilahap' telinga.

Tak perlu kuatir bakal kehilangan irama khas Maliq yang elegan dan berkualitas tinggi. Dengar saja "Aura" yang kental sentuhan funk, "Luluh" yang 'mengedepankan' sound trumpet, atau "Kita Jatuh Cinta" dan "Coba Katakan" dimana nuansa musik jazz yang berpadu dengan R&B serta pop mengalun begitu indahnya bersama renyahnya vokal Angga dan Indah.

Album "Mata, Hati, Telinga" hanya berisikan enam lagu. Meski begitu keenam lagu tersebut dirasa cukup menjaga eksistensi, memperluas pasar sekaligus mewakilkan kemajuan musik Maliq & D'Essentials.

Track List Album Maliq & d'Essentials - Mata Hati Telinga:
01.Maliq & d'Essentials - Aura
02.Maliq & d'Essentials - Luluh
03.Maliq & d'Essentials - Kita jatuh cinta
04.Maliq & d'Essentials - Pilihanku
05.Maliq & d'Essentials - Coba katakan
06.Maliq & d'Essentials - Mata Hati telinga

Related Posts :