Sunday, May 10, 2009

Oppie - Hitam Ke Putih (Full Album 2001)


MASA-MASA disolasi seorang Oppie Andaresta berakhir sudah! Sekarang masanya menerima pencerahan. Dan pencerahan itu tak hanya dalam perilaku, tapi bisa lewat lirik dan kedewasaan musikal. Tampaknya perjalanan panjang Oppie mulai menemukan batas ketika meluncurkan album Hitam ke Putih.

Sebelumnya kita mengenal Oppie sebagai seorang yang cuek dan lirik ‘jenaka’ meski ekplorasi musiknya sebenarnya sudah menampakkan kedalaman. Pun ketika album anyarnya ini dirilis. Beberapa liriknya menunjukkan kedalam seorang Oppie. Tapi, ada juga beberapa lirik yang masih ‘nakal’ meski kadarnya tak senakal album-album sebelumnya. Sebelumnya malah sudah beredar kabar, salah satu lagunya dicekal. Meski sempat ‘sebel’ Oppie tetap merilis albumnya.


Menyimak satu persatu lirik demi lirik, kita seperti melihat apa yang terjaid di depan kita terbentang dalam lagu. Cewek yang sempat aktif membantu di beberapa LSM ini, ternyata punya kepekaan pada lingkungan dan kenyataan yang dia lihat setiap hari.

Lagu Hanya Kau yang Bisa, menyiratkan kekuatan Oppie menyoroti persoalan cinta, dengan sudut pandang lebih feminim. Oppie tak mau terjebak (lagi) pada menyatakan cinta tapi dengan kata-kata nyleneh. Rupanya kedewasaan setelah menikah, ikut mempengaruhi Oppie. Di lagu ini juga, Oppie mengajak suaminya, Kurt, untuk memainkan alat musik digeridoo. Kesannya memang unik.

Yang menarik juga, album ini kesannya ngeblues banget. Ada lagu yang dentingan dan kocokkan gitar mengingatkan kita pada intro-intro lagu Garry Moore, yang sangat blues. Coba simak lagu Robinhood.

Secara keseluruhan, 9 lagu dalam album Oppie ini lebih adem dan tidak meledak-ledak seperti sebelumnya. Ada warna musikal yang lebih dewasa dengan lirik yang matang. Namun yang masih tetap, sorotan Oppie pada kenyataan dan kondisi yang ada di negeri ini.

Download Track List Album Oppie - Hitam Ke Putih:
01 Oppie – Hanya Kau Yang Bisa.mp3
02 Oppie – Tv Junkie.mp3
03 Oppie – Boleh Saja.mp3
04 Oppie – Robinhood.mp3
05 Oppie – Sebelum Ku Bertemu Kau.mp3
06 Oppie – Meskipun.mp3
07 Oppie – Hitam Ke Putih.mp3
08 Oppie – Lili Vs Lala.mp3
09 Oppie – Aku Pernah.mp3

Related Posts :